Indonesia Fashion Muslim & Hijab Brand | Indonesia Hijab Store Berita Khasiat Tanaman Kumis Kucing Indonesia Hijab Store & Worldwide Shipping
 
 
(+62) 87899740313
Immediately contact us to place an order / ask product, Distributor Partnership, Agent or Reseller Dropship, by calling / text / wa number above to get quick response

Cart

Khasiat Tanaman Kumis Kucing

Khasiat Tanaman Kumis Kucing

08 Feb 2018

Kumis kucing "Orthosiphon aristatus" adalah tanaman yang termasuk golongan famili lamicaeae atau labiatae yang banyak dijumpai di Indonesia. Tanaman ini dipercaya banyak memberikan khasiat bagi kesehatan kita.

Tanaman ini sebenarnya berasal dari Afrika yang kemudian menyebar ke Asia dan Australia. Tanaman ini biasa tumbuh ditanah yang subur, gembur, berhumus dan memiliki tata air serta udara yang baik. Kandungan zat kimia seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Kumis kucing dikenal sebagai tanaman obat yang cukup mujarab untuk mengatasi sejumlah penyakit tertentu. Berikut beberapa manfaat kumis kucing sebagai obat tradisional: obat herbal batu ginjal, asam urat, melancarkan air kencing (gunakan daun kumis kucing yang masih muda), menurunkan tekanan darah tinggi dan glukosa darah, mengobati infeksi pada kandung kemih dan ginjal, membersihkan empedu dan ginjal,  mengatasi kejang otot ringan, mengatasi rhematik, sakit pinggang, batuk, encok, sembelit.

Cara mengolah kumis kucing sebagai obat herbal yaitu dengan memanfaatkan seluruh bagian pohonnya mulai dari akar sampai bunga, baik yang masih segar atau sudah melalui proses pengeringan dengan cara dijemur. Pengolahnnya menjadi ramuan obat bisa secara tunggal ( hanya memanfaatkan kumis kucing saja) atau dikombinasikan dengan tanaman herba lain. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan jenis penyakit yang ingin anda obati.

Obat herbal pun memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping kumis kucing diantaranya:

Sakit Ginjal

Pada intinya memanglah kumis kucing mempunyai faedah yang baik untuk melindungi serta menyembuhkan penyakit ginjal, tetapi bisa kita kenali kalau obat herbal memanglah tambah baik daripada obat kimia, namun sangat banyak konsumsi obat herbal (tak sesuai sama dosis) pasti akan mengakibatkan penyakit atau komplikasi lainya, karenanya butuh sekali tahu dosis obat yang bakal di mengkonsumsi walaupun itu adalah obat herbal. 

Sakit Perut

resikonya dari sangat banyak konsumsi kumis kucing ini yaitu bisa menyebakan manfaat ginjal jadi terganggu. Pasti saat manfaat ginjal bakal terganggu bisa mengakibatkan perut jadi turut sakit. Perut memag adalah satu diantara tempat yang peka bakal semua tipe penyakit. 

Beberapa hal yang mengakibatkan penyakit perut sebagaimana salah nya ialah penyakit maag serta penyakit asam lambung. Banyak type asam lambung, dari mulai asam lambung rendah samapai pada asam lambung yang tinggi.

Keracunan

Mengkonsumsi obat herbal apa pun bisa menjadikan anda keracuanan, mengkonsumsi obat herbal pasti tetaplah ada dosisnya, jangan sampai menduga obat herbal bisa dikonsumsi seenaknya tanpa ada mempunyai resikonya.

Memanglah terdapat banyak obat herbal tak mempunyai resikonya, tetapi hal semacam ini pasti jika dikonsumsi sesuai sama tipsnya, tanpa ada nurut pada tips bisa mengakibatkan obat herbal yang mengobati jadi obat herbal mengakibatkan, yakni mengakibatkan penyakit lain akibatnya karena keracunan obat herbal.

Keracunan ini tak cuma karna sangat banyak mengonsumsinya, namun kombinasi yang digabung dengan daun kumis kucing ini dapat juga memberi resikonya sebagaimana keracunan.

 Sesak Nafas

Sesak nafas kerap kali berlangsung dalam kehidupan sehari-hari, kita kenali kalau banyak penyebabnya dada sesak nafas, sebagaimana perihal debu serta polusi juga bisa jadi penyebabnya sesak nafas.

Karenanya perlu untuk diketahui kalau sesak nafas dapat juga berlangsung saat sangat banyak konsumsi daun kumis kucing. Pada intinya daun ini adalah daun seribu faedah serta malahan tak mempunyai resikonya apa pun.

 Walaupun demikian tetaplah kewaspadaan mesti ada. Nyatanya dengan sangat banyak konsumsi daun kumis kucing ini dapat memberi beben pada nafas hingga mengakibatkan sesak pada pernapasan.

Mengaggu Manfaat Jantung

Terllau banyak konsumsi obat herbal nyatanya bisa mengaggun manfaat jantung, dengna sekian makanlah daun herbal ini dengan bijak sana, janganlah hingga jantung terganggu, karna pada intinya jantung adalah satu diantara organ terutama pada badan kita.

Malahan tidak ada jantung manusia tak bisa hidup, karna jantunglah yang menolong untuk hidup. Jantunglah yang berperan untuk mengedarkan darah didalam badan serta memberi keseimbangan pada badan hingga badan bisa bernafas. 

Dengan hal tersebut mengkonsumsi obat herbal mesti pada tempatnya serta mesti sesuai sama dosisnya supaya tak berlangsung beberapa hal yang dikehendaki.

Mengakibatkan darah rendah

Pada intinya satu diantara manfaat dari daun kumis kucing yaitu bisa menolong untuk menjadikan darah tinggi jadi normal, tetapi jika sangat banyak konsumsi daun kumis kucing bukanlah tak mungkin saja darah yang semula menyandang status darah tinggi bisa beralih jadi darah normal.

Sebagaimana yang kita kenali saat darah tinggi telah jadi normal serta selalu konsumsi daun kumis kucing dengan dosis berlebihan pasti bakal mengakibatkan darah normal itu jadi darah rendah. pasti beberapa hal yang bakal dihadapi pada pasien darah rendah salah nya ialah pusing serta sakit kepala.

Foto lustrasi: google

Sumber artikel: kompasiana

Share