Indonesia Fashion Muslim & Hijab Brand | Indonesia Hijab Store Berita Inilah 3 Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga Indonesia Hijab Store & Worldwide Shipping
 
 
(+62) 87899740313
Immediately contact us to place an order / ask product, Distributor Partnership, Agent or Reseller Dropship, by calling / text / wa number above to get quick response

Cart

Inilah 3 Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Inilah 3 Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

13 Jan 2018

Kopi dengan kandungan kafeinnya dapat menyegarkan tubuh sehingga tidak mudah lemas. Inilah 3 manfaat minum kopi sebelum berolahraga.

Jika anda merupakan seseorang yang rutin berolahraga di pagi hari, mungkin untuk dapat melawan rasa kantuk dan lemas, anda memerlukan secangkir kopi siap minum agar tubuh anda menjadi lebih segar. Namun, sebenarnya bolehkah minum kopi sebelum berolahraga?

Berdasarkan penelitian, banyak manfaat kopi bagi kesehatan tubuh Anda sebelum melakukan olahraga. Berikut ini adalah beberapa manfaat minum kopi sebelum berolahraga.

Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Sebelum berolahraga, Anda diperbolehkan untuk minum kopi, bukan setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan setelah melakukan olahraga, Anda membutuhkan asupan nutrisi yang dapat membantu Anda untuk memulihkan tubuh, sedangkan jika Anda mengkonsumsi kopi sebelumnya, maka kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi akan membuat sesi olahraga Anda menjadi lebih maksimal. Berikut ini akan dijelaskan tiga manfaat penting minum kopi sebelum melakukan olahraga, yaitu:

1. Mencegah nyeri otot

Berdasarkan penelitian University of Illinois Amerika Serikat, menunjukkan fakta bahwa dengan meminum kopi satu jam sebelum berolahraga akan mampu mencegah terjadinya nyeri otot. Berdasarkan hasil penelitian serupa yang dilakukan oleh para ahli dari University of Georgia (AS), minum kopi selama satu jam sebelum melakukan olahraga, akan mengurangi rasa nyeri sebesar 48 persen.

Dengan begitu, maka akan merasa lebih nyaman saat berolahraga. Khususnya jika anda sedang melakukan latihan dengan intensitas tinggi atau dalam waktu yang cukup lama.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Para ahli yang berasal dari University of Ryukyus, Jepang membuktikan bahwa dengan meminum kopi akan mampu melancarkan sirkulasi darah sebesar 30 persen. Jika aliran darah semakin lancar, maka seluruh bagian tubuh seperti jaringan otot dan tulang akan mendapat suplai oksigen serta sel darah putih yang cukup.

Hal ini akan membantu kerja otot dan tulang selama anda aktif bergerak atau melakukan olahraga, sehingga menyebabkan performa olahraga anda menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan ketahanan fisik

Berdasarkan jurnal penelitian Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa minum kopi sebelum melakukan olahraga akan dapat membantu meningkatkan daya tahan fisik tubuh anda, sehingga anda menjadi tidak mudah lelah dan dapat menikmati latihan kebugaran setiap harinya.

Hal ini dikarenakan pada kopi terkandung senyawa kafein yang mampu menyegarkan pikiran serta akan membuat tubuh Anda lebih bertenaga.

Aturan aman minum kopi sebelum berolahraga

Meskipun Anda diperbolehkan minum kopi sebelum melakukan olahraga, ternyata ada beberapa aturan yang perlu Anda ingat jika Anda ingin mendapatkan seluruh manfaat kopi secara maksimal. Berikut ini adalah aturan aman minum kopi sebelum melakukan olahraga, antara lain yaitu:

1. Minumlah kopi satu jam sebelum berolahraga

Kafein yang terdapat di dalam kopi butuh waktu sekitar setengah jam hingga satu jam agar dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh. Oleh karena itu, usahakan selalu minum kopi saat bangun pagi sebelum Anda berolahraga.

2. Jangan menambahkan susu sapi atau gula

Susu sapi memerlukan proses yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh saat berolahraga, kopi yang terlalu manis juga akan membuat gula darah Anda menjadi tidak stabil. Oleh karena itu sangat baik untuk meminum kopi tanpa susu agar tubuh mendapatkan manfaat terbaik dari kopi.

3. Tetaplah minum air putih

Perlu diingat, bahwa kopi mempunyai sifat diuretic atau memicu tubuh agar mengeluarkan cairan, baik melalui keringat ataupun melalui kencing. Oleh sebab itu selama Anda berolahraga sebaiknya Anda tetap banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

4. Minum kopi dan lakukan olahraga secara rutin

Jika Anda rutin melakukan olahraga dengan diawali mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari, maka tubuh Anda akan semakin mudah untuk dapat menyesuaikan diri, sehingga membuat tubuh Anda menjadi mampu untuk membaca sinyak agar tidak mengeluarkan cairan terlalu banyak saat berolahraga.

Itulah beberapa manfaat minum kopi sebelum berolahraga yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Foto ilustrasi: google

Sumber artikel: ldii.or.id

Share