Fashion Muslim Brand from Indonesia Berita Cara Efektif Mengurangi Produksi Minyak Berlebih di Wajah Trust Online Shop & Worldwide Shipping
 
 
(+62) 87899740313
Immediately contact us to place an order / ask product, Distributor Partnership, Agent or Reseller Dropship, by calling / text / wa number above to get quick response or add Shejab CS1 pin: 543527A7, CS2: 52891A39

Cart

Cara Efektif Mengurangi Produksi Minyak Berlebih di Wajah

Cara Efektif Mengurangi Produksi Minyak Berlebih di Wajah

04 Dec 2017

Kulit wajah yang mengkilap dan licin, kadang bisa disebabkan oleh produksi minyak wajah yang berlebih. Pada beberapa orang, kondisi minyak berlebih di wajah ini bisa dipicu oleh faktor luar, misalnya stres, cara merawat kulit wajah yang keliru, polusi udara, hingga penggunaan pil KB hormon.

Namun bagi yang lainnya, jenis kulit berminyak merupakan bawaan lahir yang tak bisa banyak diubah kecuali dikurangi produksi minyaknya. Untuk Anda yang termasuk ke dalam golongan terakhir, tidak usah khawatir. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mencegah minyak berlebih di wajah. 

Berikut ini berbagai cara mengurangi produksi minyak di wajah

1. Jangan cuci muka terlalu sering

Jika Anda berpikir kalau mencuci muka sebanyak-banyaknya dapat mengurangi minyak pada wajah, Anda salah sangka. Padahal, sebum minyak pada kulit itu tidak selalu buruk, lho. Hal ini terjadi dikarenakan fungsi minyak untuk melindungi dan melumasi kulit. Dan kalau Anda terus menerus membersihkan minyak di wajah, minyak malah akan memproduksi lebih banyak lagi untuk tetap berupaya melindungi kulit wajah Anda. Disarankan untuk mencuci muka tidak lebih dari dua kali dalam sehari, ya!

2. Cuci muka pakai air hangat

Air yang terlalu panas atau terlalu dingin, nyatanya kurang cocok jika digunakan sebagai pembilas wajah berminyak. Selain air panas bisa bikin kulit melepuh, air dingin bisa bikin wajah berminyak jadi iritasi. Anda bisa mengatasinya dengan membilas menggunakan air hangat. Air hangat berguna untuk membuat kulit menjadi rileks dan menjaga kelembutan kulit, minyak di wajah pun bisa keluar dengan takaran yang cukup.

3. Tetap gunakan pelembab

Umumnya, banyak asumsi yang menyatakan kalau kulit berminyak tidak perlu repot menggunakan pelembab karena takut menyebabkan kulit lebih mengkilap. Sayangnya, hal itu tidak benar demikian. Berbagai macam jenis kulit, wajib memakai pelembab. Bagi pemilik kulit berminyak, Anda hanya perlu disarankan menggunakan pelembab  yang bebas minyak untuk mengurangi produksi minyak pada wajah. Dianjurkan untuk menggunakan di bagian wajah yang berminyak saja, seperti daerah T (dahi, hidung, dan dagu).

4. Jangan pakai kertas minyak sering-sering

Kertas minyak masa kini, sudah menjadi kebutuhan penting bagi Anda yang wajahnya berminyak. Tapi, ada yang harus diperhatikan. Disarankan untuk tidak terlalu sering membalut minyak di wajah dengan kertas minyak sering-sering. Karena hal tersebut hanya akan membuat  kulit memproduksi minyak lebih banyak. Anda cukup menggunakannya dengan cara menekan halus ke kulit yang berminyak selama 15 sampai 20 detik saja. Hal ini tujuan utamanya hanya untuk mengurangi kilau minyak pada kulit, bukan untuk menghilangkan minyak di wajah.

5. Perbaiki asupan makan dan gaya hidup

Setelah Anda paham beberapa perawatan kulit untuk mengurangi poduksi minyak di wajah seperti yang telah dijelaskan di atas, kini saatnya Anda merawatnya dari dalam tubuh. Ya, Anda masih perlu untuk makan makanan yang sehat, serta menghindari tubuh dari stress. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena produksi keluarnya minyak bisa dipicu oleh reaksi hormonal yang dipengaruhi oleh diet dan gaya hidup Anda.

Coba perbaiki diet seperti mengurangi makan makanan olahan dan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Selain itu, faktor gaya hidup lainnya yang bisa membantu mengurangi minyak di wajah antara lain bisa dilakukan dengan olahraga lebih sering. Olahraga bisa menurunkan tingkat stress, yang mana berpengaruh juga pada kesehatan kulit wajah.

Foto ilustrasi: google

Sumber artikel: hellosehat

Share