Fashion Muslim Brand from Indonesia Berita 7 Macam jenis bisnis usaha dagang yang menjanjikan Trust Online Shop & Worldwide Shipping
 
 
(+62) 87899740313
Immediately contact us to place an order / ask product, Distributor Partnership, Agent or Reseller Dropship, by calling / text / wa number above to get quick response or add Shejab CS1 pin: 543527A7, CS2: 52891A39

Cart

7 Macam jenis bisnis usaha dagang yang menjanjikan

7 Macam jenis bisnis usaha dagang yang menjanjikan

12 Jan 2018

Menjalankan bisnis usaha dagang yang laris atau niaga yang paling menjanjikan dan menguntungkan sebenarnya cukup mudah untuk anda pelajari dengan perencanaan yang matang sehingga akan menentukan hasil akhir gemilang nantinya.

Bukan hal baru lagi bahwa bisnis dagang ini merupakan bentuk transaksi jual beli yang mana anda harus berusaha mencari keuntungan dari kegiatan ini.

Jika dilihat secara matematis apabila jualan anda laris maka sudah jelas akan memberikan keuntungan dan begitu juga sebaliknya. Kemudian ketika profit anda meningkat maka pertumbuhan bisnis dagang anda juga akan semakin maju dengan pesat.

Berikut ini adalah jenis bisnis usaha dagang yang paling laris dan banyak dicari orang.

1 Bisnis kuliner (makanan berat dan beragam jajanan)

Menjalankan bisnis kuliner meliputi makanan berat ataupun ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik.

Kebanyakan dari pengusaha kuliner yang sukses merupakan para pelaku usaha yang sudah lama berjualan kemudian mereka telah memiliki pelanggan tetap.

Didukung lagi makanan yang dipasarkan sangat inovatif selain rasanya yang enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif.

Beberapa faktor yang bisa menjadi strategi sukses dalam bisnis kuliner diantaranya ialah:

Menu makanan atau jajanan berkualitas

Usaha dagang makanan bisa dianggap berkualitas apabila didukung dengan bahan baik, pengolahan yang tepat serta pengemasan yang layak.

Bahan yang digunakan haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat yang berbahaya.

Cara pengolahannya harus sesuai aturan, misalnya goreng lah camilan dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Kemudian kemaslah makanan ringan yang sudah digoreng dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

Produk dan pemasaran yang inovatif

Jika kita perhatikan, para pemenang bisnis kuliner adalah mereka para pengusaha yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan kreasi makanan yang berbeda.

Dengan demikian produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen.

Sehingga meskipun jenis makanan yang anda jual sudah banyak ditemukan dipasaran, akan tetapi cara pemasaran anda dengan inovasi terbaru maka peluang lebih besar untuk anda memenangkan persaingan.

Membangun loyalitas dengan pelangan

Layani semua pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana tanpa memandang anda kenal atau tidak sebelumnya.

Berikan kesan yang mendalam kepada pelanggan, dengan senyum dan sapa bukan hanya sekedar ucapan datar saja, sehingga pelanggan akan senang hati akan berkunjung kembali.

Buat branding dengan memanfaatkan media sosial sehingga semakin tercipta hubungan yang dekat dengan pelanggan, sebab hal ini akan memberikan dampak positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pelanggan.

Metode pemasaran seperti ini terbukti sangat efektif untuk menjaring pelanggan lain yang sudah jelas akan berdampak pada meningkatkan penjualan.

Strategi penjualan harus sesuai dengan segmen pasar

Apapun teorinya penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha jangka panjangnya, dengan demikian sebagai pengusaha pemula khususnya bisnis kuliner maka anda harus bisa membangun strategi penjualan yang tepat serta mampu menganalisa pasar untuk meningkatkan penjualan.

Tindakan yang bisa dilakukan untuk membangun jalan sukses usaha dagang bisa dengan memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara cuma cuma kepada masyarakat di area yang menjadi target pemasaran anda.

2 Bisnis fashion (Toko baju dan aksesories)

Menurut mereka yang sudah sukses usaha dagang khususnya bidang fashion, membuka bisnis fashion sebenarnya cukup mudah dengan memiliki toko/butik yang lebih lengkap daripada semua toko di sekitar anda.

Lokasi toko fashion anda harus berada di tempat strategis dan bisa di akses dengan mudah oleh pengunjung.

Yang sering menjadi kendala adalah anda yang masih pemula dan belum memiliki modal melimpah apalagi tidak ada investor yang menjadi pemodal bisnis dagang anda. Jangan langsung menyerah, berikut ini adalah tips untuk anda memulainya.

Mulai dari yang kecil

Ketika awal anda merintis usaha dagang bidang fashion bisa dengan target yang kecil terlebih dahulu.

Dengan begini modal yang akan anda investasikan juga tidak terlalu menguras tabungan sekiranya tetap masih memiliki dana cadangan untuk antisipasi apa yang akan terjadi kedepannya.

Perhatikan trend yang sedang terjadi

Mengikuti trend dengan melihat best seller di toko-toko online atau di merchant besar seperti lazada dan matahari mall adalah salah satu strategi memperhatikan apa yang sedang trending di pasaran.

Memang sudah begitu kondisinya bahwa bisnis fashion akan selalu update dengan mengikuti trend.

Keberhasilan para pengusaha dagang biasanya adalah tentang bagaimana mereka mampu membaca keinginan konsumen.

Apapun posisi anda di bidang fashion, menjadi distributor, maupun pemilik butik, semuanya harus pandai membaca keinginan pasar. Peluang usaha ini sangat potensial bagi anda yang sanggup bekerja keras dan pantang menyerah untuk sukses.

3 Berdagang gadget dan elektronika

Menyikapi apa yang sedang terjadi pada era teknologi digital seperti sekarang ini, tentunya kita mengetahui bahwa ada gadget baru dan elektronik keluar setiap harinya.

Memiliki  gadget terbaru  kadang sudah menjadi suatu keharusan bagi kalangan tertentu seperti HD TV, iPod, Blueray dan berbagai gadget yang memiliki fitur canggih lainnya.

Apabila anda tertarik masuk ke dalam dunia teknologi yang berkembang semakin pesat dan ingin memulai bisnis dan usaha dagang atau membuka toko elektronik, maka hal terpenting yang harus anda perhatikan adalah modal.

Dapatkan pembiayaan baik secara tunai maupun kredit untuk bisa memenuhi kebutuhan modal usaha ini yang tentunya akan bernilai sangat besar.

Anda mungkin ingin menggunakan tabungan pribadi atau juga dapat menghubungi bank untuk mengajukan pinjaman uang dengan jaminan dengan catatan masih dalam batas anda akan mampu mengembalikannya.

Ketika usaha toko elektonika anda berkembang, maka secara otomatis akan banyak investor yang melirik sehingga mereka tidak segan lagi untuk mengucurkan dananya kepada anda tanpa anda pinta.

4 Jualan pulsa dan kuota internet

Berdagang pulsa tetap menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan karena tidak dapat dipungkiri bahwa pulsa telah menjadi kebutuhan sehari hari masyarakat.

Berikut ini adalah tips sukses berjualan pulsa untuk meningkatkan penjualan.

Server Pulsa Terpercaya – Sangat memiliki pengaruh besar terhadap kelangsungan usaha pulsa anda agar transaksinya lancar sehingga tidak beresiko akan di kejar konsumen hanya karena pulsa yang mereka beli belum juga masuk ke nomor selulernya.

Apabila transaksi pulsa anda sangat cepat sudah tentu konsumen akan kembali membeli ke konter pulsa anda karena mereka tidak mau mencari yang lain yang belum tahu layanannya.

Lakukan Promosi – Menggaet pelanggan dengan memberikan promosi selama anda tidak mengambil resiko merugi sangat penting anda lakukan.

Dalam merintis bisnis dagang sebaiknya jangan semata mata mengejar keuntungan besar saja. Ambil keuntungan kecil asalkan berlangsung secara kontinyu dan konsisten.

5 Bisnis jasa (Layanan)

Bisnis jasa adalah jenis usaha yang menjual jasa seperti ilmu, tenaga dan keahlian lainnya di bidang tertentu.

Menjual jasa juga bisa dibilang sebuah usaha dagang namun bukan berupa produk yang ditawarkan melainkan adalah berupa layanan.

Keberhasilan untuk memulai bisnis dalam bidang jasa alangkah lebih baik jika sesuai dengan keahlian yang anda miliki seperti:

  • Usaha laundry
  • Salon kecantikan
  • Usaha cuci motor
  • Service HP
  • Jasa desain dll.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha jasa adalah bisa untuk memenuhi kebutuhan belanja peralatan yang mendukung usaha tersebut.

Nilainya tergantung dari seberapa lengkap peralatan yang anda perlukan sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan konsumen cukup senang akan hasilnya.

Selanjutnya ang menjadi kunci kesuksesan ialah keahlian anda dalam melayani konsumen sesuai dengan keinginannya. Minimal anda memberikan garansi bagi yang menjalankan usaha service dan perbaikan.

Atau memberikan diskon untuk jenis usaha salon kecantikan maupun cuci motor dengan metode promosi yang menarik.

6 Usaha rental dan persewaan

Bisnis dagang yang berikutnya ialah rental dan persewaan. Sudah banyak yang mengatakan bahwa usaha jasa rental ini bisa menguntungkan dengan profit yang lumayan besar bahkan bisa dibilang usaha rumahan yang sangat menghasilkan.

Hal ini dengan memperhatikan situasi sosial masyarakat karena tidak semua masyarakat di indonenesia ini memiliki sarana yang lengkap untuk kebutuhannya.

Ambil contoh saja peralatan sound sistem untuk acara pesta, jika dibandingkan membeli dan memelihara peralatan baru dengan pengeluaran biaya yang cukup banyak, dan peralatan tersebut hanya dipakai sementara saja, orang-orang akan lebih memilih untuk menyewa dari pada membelinya sendiri.

Untuk memulainya memang dibutuhkan modal awal yang lumayan tinggi namun tetap bisa disesuaikan dengan budget yang anda jangkau.

Keperluan modal awal ini tentunya untuk membeli dan mengumpulkan barang yang akan di sewakan.

Banyak sekali jenis usaha rental dan persewaan yang bisa anda bidik dan sampai saat ini masih cukup memiliki potensi menguntungkan seperti:

  • Rental mobil
  • Usaha rental game online
  • Persewaan alat pesta
  • Persewaan alat konstruksi

Kemudian hal yang tidak kalah pentingnya ialah mengenai perawatan peralatan atau properti yang anda sewakan.

Tentunya anda harus tetap menyisihkan anggaran untuk biaya pemeliharaan ini dari hasil keuntungan yang anda peroleh supaya tidak menjadi beban apabila ada kerusakan.

7 Bisnis dan usaha dagang berbasis online

Di tengah perkembangan jaman sekarang ini peluang untuk membuka usaha dagang seakan-akan semakin sulit karena berbagai tuntutan seperti modal yang besar serta biaya sewa toko yang mahal.

Mencermati dari permasalahan ini maka terciptalah inovasi baru dalam dunia bisnis yaitu usaha bisnis online yang menggunakan media internet.

Siapa saja bisa melakukan transaksi dagang (jual beli) suatu produk melalui akses internet sehingga bisnis dagang online ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan dan bahkan saat ini sudah menjadi tren yang tidak bisa lagi di tinggalkan. Seperti salah satu jenis bisnis online paling populer yaitu bisnis dropship dan reseller.

Cara berdagang yang baik dan menguntungkan dalam bisnis online perlu anda pelajari untuk bisa memenangkan pasar dan persaingan sehingga peluang menghasilkan uang dari internet dapat berhasil anda raih.

Berikut ini ada 3 tips supaya usaha dagang secara online anda dapat mencapai target yang anda inginkan:

Mulailah dari orang terdekat

Ketika memulai atau merintis usaha online sudah dapat dipastikan anda belum memiliki pelanggan tetap.

Langkah paling tepat adalah dengan memulai mengenalkan barang dagangan kepada kepada orang terdekat, sahabat, teman sosmed, dan kenalan akrab anda di dunia maya.

Beri harga yang terjangkau

Meskipun keuntungan adalah target utama dalam menjalankan bisnis dagang, namun tidak semestinya anda mematok harga jual yang sangat berat untuk dijangkau oleh calon pelanggan apalagi anda masih pemula dan belum dikenal.

Untuk target awal berdaganglah barang yang memiliki harga terjangkau sebagai langkah mengenalkan brand dan toko online anda.

Pembeli adalah media promosi utama

Biaya promosi memang kadang sangat berat untuk dikeluarkan terutama bagi para pemula yang masih memiliki anggaran terbatas.

Untuk itu setrategi usaha dagang yang paling ampuh adalah dengan memanfaatkan pembeli anda sebagai media promosi gratis namun dampaknya cukup mengangumkan.

Satu orang pembeli merasa puas, maka ia akan merekomendasikan kepada 10 orang calon pembeli yang secara otomatis akan tertarik berbelanja di toko online anda.

Dari ketuju peluang usaha niaga yang telah kami ulas diatas, hanyalah sebagian saja yang saat ini masih sangat layak untuk anda bidik sebagai peluang bisnis dagang dengan prospek cukup menjanjikan dan menguntungkan untuk ditekuni. Semoga bermanfaat.

Foto ilustrasi: google

Sumber artikel: zobisnis

Share