Indonesia Fashion Muslim & Hijab Brand | Indonesia Hijab Store Berita 6 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Anda Ngidam Makan Makanan Asin Indonesia Hijab Store & Worldwide Shipping
 
 
(+62) 87899740313
Immediately contact us to place an order / ask product, Distributor Partnership, Agent or Reseller Dropship, by calling / text / wa number above to get quick response or add Shejab CS1 pin: 543527A7, CS2: 52891A39

Cart

6 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Anda Ngidam Makan Makanan Asin

6 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Anda Ngidam Makan Makanan Asin

06 Feb 2018

Faktanya, ngidam bukan cuma dialami oleh ibu hamil. Pria atau wanita yang muda hingga yang tua sekalipun bisa saja ngidam makanan tertentu meski sedang tidak lapar. Ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda ngidam makanan asin. Apa saja penyebabnya?

Ngidam makanan asin padahal tidak hamil? Mungkin Anda…

1. Sedang stress

Kondisi yang tak menyenangkan atau yang membuat Anda merasa tertekan dapat semakin memicu hasrat Anda untuk makan makanan tertentu. Biasanya jika sedang stress, beberapa orang cenderung ngidam makanan asin atau yang berlemak.

Ngidam makanan saat stress ini merupakan respon alami tubuh untuk meningkatkan produksi dopamin. Dopamin adalah suatu senyawa kimia yang diproduksi otak yang mampu membuat Anda merasa tenang dan bahagia.

Saat Anda menemukan suatu makanan tertentu yang mampu membuat tubuh Anda melepaskan dopamin, otak Anda akan mengirim sinyal kepada tubuh untuk menginginkan makanan tersebut di tiap kondisi yang sama.

2. Kurang tidur

Kurang tidur akibat keseringan begadang bisa membuat Anda ngidam makanan asin. Gagasan ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Sleep. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang-orang yang kurang tidur jadi lebih banyak menyantap makan makanan asin tanpa disadari.

Tidak diketahui apa yang menjadi sebab-akibat dari hubungan ini, namun makanan asin bagi sebagian orang dirasa dapat memberikan kepuasan tersendiri untuk membalas efek kurang tidur yang bikin badan dan pikiran merana. 

Bahkan dalam beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang yang pada dasarnya memang suka dengan rasa asin, otomatis akan menambahkan lebih banyak garam ke dalam masakannya.

3. Sedang bosan

Sama seperti ngidam makan saat sedang stres, kebosanan juga dapat membuat lidah Anda “gatal” untuk mencicip camilan asin. Sebuah survei yang dilakukan oleh Wansink mengungkapkan bahwa dari 1.000 partisipan, 86 persen orang ngidam makanan spesifik saat merasa senang, 52 persen saat mereka merasa bosan, serta 39 persen saat mereka merasa sedih atau kesepian.

4. Terlalu banyak berkeringat

Ngidam makanan asin bisa jadi diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan natrium, terutama setelah berolahraga. Anda akan banyak berkeringat setelah berolahraga, bukan? Nah, keringat inilah yang membuat Anda kekurangan elektrolit dalam tubuh. Pasalnya, keringat mengandung garam.

Ketika Anda terlalu banyak mengeluarkan garam elektrolit lewat keringat, tubuh akan merespon dengan ngidam makanan asin sebagai upayanya mengembalikan keseimbangan cairan tubuh.  

5. Sedang PMS

Ketika PMS, banyak wanita yang mulai ngidam makan makanan tertentu. Ada yang ngidam makanan manis, ada juga yang ngidam makanan asin. Hal ini dipengaruhi oleh naik dan turunnya hormon tertentu dalam tubuh menjelang menstruasi.

6. Adison Disease

Menurut Mayo Clinic, Adison Disease akan menyebabkan Anda ngidam makanan asin berlebihan. Kondisi ini membuat kelenjar adrenal (yang berfungsi mengeluarkan hormon pengatur keseimbangan cairan) gagal untuk memerintahkan ginjal untuk menyimpan berapa banyak sodium di dalam tubuh.

Foto ilustrasi: google

Sumber artikel: hellosehat

Share