Fashion Muslim Brand from Indonesia Berita 5 Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Punya Kulit Berminyak Trust Online Shop & Worldwide Shipping
 
 
(+62) 87899740313
Immediately contact us to place an order / ask product, Distributor Partnership, Agent or Reseller Dropship, by calling / text / wa number above to get quick response or add Shejab CS1 pin: 543527A7, CS2: 52891A39

Cart

5 Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Punya Kulit Berminyak

5 Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Punya Kulit Berminyak

06 Dec 2017

Memiliki jenis kulit berminyak memang tidak bisa dianggap sepele. Baik pria maupun wanita bisa saja mengalami masalah ini. Sebagian masalah yang ditimbulkan karena memiliki jenis kulit berminyak adalah masalah jerawat dan komedo. Ya, orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih rentan berjerawat apabila tidak melakukan perawatan wajah yang benar.

Selain perawatan wajah, faktor penyebab lainnya yang mempengaruhi kulit menjadi lebih berminyak dan berjerawat adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Pemilihan makanan untuk kulit berminyak memiliki peran yang besar karena dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda bisa mengontrol produksi sebum di kulit.

Lantas apa saja makanan yang harus dihindari jika punya jenis kulit berminyak?  Baca terus untuk mengetahuinya.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dihindari jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak.

1. Gorengan

Penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak asam lemak omega-6 akan lebih rentan berjerawat, misalnya jenis makanan yang digoreng menggunakan banyak minyak seperti kentang goreng dan kerpik. Kedua makanan tersebut memiliki jumlah asam lemak omega-6 yang tinggi dan bisa mendatangkan malapetaka bagi kulit Anda. 

Jadi jangan heran, bahwa makanan mengandung banyak lemak dan minyak akan memberikan kontribusi terbesar sebagai penyebab kulit wajah Anda berminyak.

2. Susu

Bagi Anda pecinta susu, fakta yang satu ini mau tidak mau harus Anda terima. Pasalnya mengonsumsi susu dalam jumlah yang banyak bisa memberikan dampak yang cukup besar jika Anda memiliki jenis kulit berminyak.

Produk susu ini menyebabkan timbulnya jerawat karena mengandung lemak dan meningkatkan kadar hormon sehingga mampu menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Jika kulit Anda sensitif terhadap hormon di dalam susu, Anda bisa beralih ke produk susu lain seperti susu almond.

3. Alkohol

Selain mampu membuat kulit kering, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol akan membuat kulit rentan berjerawat. Hal ini dikarenakan ketika Anda mengonsumsi alkohol, indeks panas tubuh akan naik sehingga menyebabkan tubuh Anda akan lebih hangat dan mengeluarkan keringat berlebihan Nah, saat tubuh mengeluarkan keringat berlebih, efeknya akan menyebabkan pori-pori tersumbat yang kemudian menyebabkan jerawat.

4. Karbohidrat olahan

Makanan seperti roti bagel, nasi putih, pasta dan karbohidrat lainnya mengandung indeks glikemik yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kenaikan signifikan pada kadar gula darah Anda. Penelitian sudah menunjukkan bahwa makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak dan juga jerawat di wajah.

5. Gula

Selain mempengaruhi kondisi mood atau mental seseorang, nyatanya mengonsumsi gula berlebih juga bisa memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak minyak di wajah. Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan yang tinggi gula meningkatkan kadar hormon dan gula drah, yang kemudian dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Ditambah, indeks glikemik gula cukup tinggi dan berbahaya bagi kulit.

Foto ilustrasi: giigle

Sumber artikel: hellosehat

Share